Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome

Diskon ramadhan sepertinya harus dimanfaatkan oleh para ibu yang baru saja melahirkan untuk mendapatkan berbagai perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Namun seringkali, masalah yang dialami oleh ibu yang melahirkan bukan hanya memenuhi perlengkapan bayi tapi juga adanya baby blues syndrome. Untungnya, berikut ini akan dijelaskan penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome

1. Ketakutan Berlebihan dengan Proses Persalinan
Hal pertama yang biasanya menjadi penyebab dari baby blues syndrome adalah ketakutan berlebihan dengan proses persalinan. Rasa takut tersebut kemudian berubah menjadi trauma yang terus terbawa hingga bayi sudah dilahirkan. Kondisi inilah yang kemudian membuat psikologis sang ibu menjadi berada di titik terendahnya dan tidak bahagia dengan kelahiran bayinya.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan persiapan fisik dan mental sebelum melahirkan. Selain itu, selalu berpikiran positif juga sangat membantu dalam menghadapi proses persalinan. Bukan hanya akan membuat Anda menjadi lebih berani tapi juga sekaligus mengurangi rasa nyeri ketika proses melahirkan nantinya.

2. Hormon yang Tidak Stabil
Setelah seorang ibu melahirkan maka dua minggu pertama adalah momen paling krusialnya. Banyak kasus ibu yang mengalami baby blues syndrome pada rentang waktu ini. Kondisi tersebut bisa terjadi karena setelah melahirkan hormon dari seorang wanita menjadi tidak stabil. Hormon yang tidak stabil inilah kemudian memiliki banyak efek samping.

Mulai dari sering merasa marah tanpa alasan yang jelas, sering merasa gelisah hingga perasaan sedih yang juga tidak memiliki alasan apapun. Cara untuk mengatasi ini tentunya Anda membutuhkan dukungan orang di sekitar untuk bisa menjaga mood Anda. Tidak ada salahnya juga untuk memanfaatkan diskon ramadhan yang bisa membuat Anda senang.

3. Kelahiran Pertama
Meskipun tidak semuanya, namun pada banyak kasus kondisi ini biasanya terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan bayi pertamanya. Pengalaman yang minim akan melahirkan dan juga merawat bayi ternyata berdampak besar pada sisi psikologis mereka. Hal inilah yang kemudian membuat banyak ibu merasa tidak berharga bahkan juga sedih akan bayi yang dilahirkannya.

Kondisi ini sangat tidak boleh dibiarkan berlarut-larut agar ibu bisa kembali ke dalam psikologis yang seharusnya. Cara mengatasinya adalah dengan berbicara pada mereka yang lebih berpengalaman terhadap hal ini. Bahkan tidak ada salahnya untuk berkonsultasi langsung ke dokter bayi baik itu sebelum atau sesudah persalinan.

4. Kelelahan dalam Merawat Si Bayi
Tugas seorang ibu memang bukanlah perkara mudah terutama untuk mereka yang baru saja menjalani. Tugas ini seringkali bukan hanya menyita waktu tapi juga tenaga yang sangat banyak. Kondisi inilah yang kemudian memunculkan penyakit ini. Cara mengatasinya adalah Anda harus berbagi tugas merawat bayi dengan suami ataupun anggota keluarga lainnya.

Meskipun  membutuhkan perjuangan, Anda mesti ingat bahwa menjadi seorang ibu juga adalah anugerah yang luar biasa. Anda tidak perlu terlalu kaku dalam menjalani tugas sebagai seorang ibu. Sekali-kali memanjakan diri juga tidak ada salahnya kok. Mumpung diskon ramadhan menawarkan banyak potongan harga untuk produk yang diincar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome"

Post a Comment