Pengertian dan Wawasan Singkat tentang Alergi

Alergi adalah sebuah reaksi yang muncul dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya, padahal sebenarnya tidak. Reaksi ini dapat dipicu oleh berbagai hal, seperti contohnya gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, serbuk sari, sampai obat-obatan. Pemicu ini dikenal dengan nama alergen dan berbagai jenis alergen tersebut hanya berdampak pada orang yang memiliki permasalahan itu saja. Alergen inilah yang membuat tubuh seseorang memproduksi antibodi saat pertama kali bersinggungan. Bila kontak terjadi dalam beberapa kali dan terhadap alergen yang sama, maka tubuh akan kembali memproduksi antibodi yang berujung pada reaksi gejala alergi. Ada beberapa macam gejala yang paling mahsyur terlihat di masyarakat.

Alergi Obat

Gejala Alergi yang pertama adalah bersin-bersin. Gejala ini sering muncul akibat dari alergen yang berupa bulu halus atau debu. Bersin ini juga terkadang berlangsung lama sehingga mengganggu konsentrasi yang berujung pada aktivitas sehari-hari. Selain bersin, gejala berupa batuk-batuk juga sangat umum ditemui di sekitar kita. Alergennya pun hampir sama. Begitu juga sesak napas yang sangat erat kaitannya dengan alergen bulu halus. Beberapa pemicu alergi yang lain di antaranya adalah ruam pada kulit sampai pada pembengkakkan pada bagian tubuh yang mengalami kontak dengan alergen termasuk bagian lidah yang tidak serta merta selalu terlihat, muncul ingus pada hidung, gatal dan merah lalu diikuti berubah menjadi kemerahan dan berair.

Untuk alergi pada obat atau makanan tertentu, reaksinya akan lebih mengkhawatirkan, yakni sakit perut, muntah-muntah, diare, bahkan gatal di sekujur tubuh. Tingkat parahnya kondisi seperti yang disebutkan di atas juga berbeda-beda. Ada yang sifatnya temporer dan bisa ditahan, ada juga yang lebih parah bahkan berakibat fatal. Keadaan itu dinamakan anafilaksis. Jika seseorang berada dalam kondisi tersebut, maka ia membutuhkan penanganan medis darurat. Karena bisa berujung pada keadaan yang sangat mengkhawatirkan, maka sangat disarankan setiap orang untuk mencegah sedari dini. Ada hal mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari alergi.

Hal pertama adalah dengan menjauhkan diri dari alergen yang sudah disebutkan di atas. Bila alergi Anda adalah makanan tertentu, maka gantilah makanan tersebut walaupun rasanya lezat bagi Anda. Bila pemicunya adalah bulu halus dan debu yang memicu bersin sampai batuk, maka hindarilah tempat-tempat yang berpotensi menyebarkan bulus halus dan debu. Namun bila terpaksa, Anda bisa menggunakan masker yang berkualitas agar resiko berkontak dengan alergen tersebut dapat dikurangi bahkan dihindari. Akan tetapi, sebagian orang sudah terlanjur terjangkit alergi dengan lebih dalam sehingga tidak memerlukan kontak yang intens terhadap alergen untuk menimbulkan gejalanya. Bila ini yang terjadi pada Anda, maka Anda harus menggunakan cara yang selanjutnya.

Cara tersebut adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan Anda penanganan dini salah satunya dengan memberikan obat khusus agar rekasi tubuh terhadap alergen dapat dikurangi. Konsumsi obat untuk permasalahan ini sangat memerlukan pengawasan dokter, terlebih jika alergi tersebut sudah sangat parah. Pada akhirnya, apa yang Anda alami akan dapat disembuhkan dengan penanganan khusus. Maka pastikan Anda dapat mengontrol diri untuk tidak bersinggungan dengan alergen. Demikian pengertian dan wawasan singkat tentang alergi. Untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap, sangat disarankan untuk menghubungi dokter keluarga untuk menghindari dampak yang lebih parah dari alergen. Menghindari lebih baik daripada mengobati, bukan?

Macam Alergi Dilihat dari Gejalanya

Ada banyak macam alergi yang dapat ditemui di sekitar kita mulai dari yang paling umum sampai alergi yang jarang ditemukan. Semua gejala ini memiliki sebab atau faktor pemicu atau yang biasa disebut dengan nama alergen. Akan tetapi sebelum lebih jauh, apakah Anda sudah memahami apa itu alergi? Alergi pada dasarnya adalah reaksi yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap ‘suatu hal’ yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. ‘Suatu hal’ tersebut adalah alergen, dan ada beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai alergen. Setiap orang yang menderita alergi memiliki alergen dan tingkat keparahan yang berbeda. Sehingga penanganannya pun berbeda pula.

Bila dilihat dari jenis alergennya, alergi dapat terbagi menjadi beberapa macam. Macam alergi yang paling umum adalah alergi yang disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga. Alergi jenis ini tidak hanya menjangkit anak-anak, melainkan orang dewasa. Gejala awalnya dapat dilihat dengan munculnya bintik-bintik pada bagian yang tergigit atau tersengat. Kemudian bila semakin parah akan menjadi bengkak yang diikuti dengan gatal-gatal dan panas pada permukaan kulit. Bahkan pada sebagian kasus disebutkan alergi jenis ini juga dapat mengakibatkan batuk-batuk, sesak napas, yang berujung pada reaksi alergi tingkat parah atau anafilaksis. Berbicara tentang batuk-batuk, ada macam alergi lain yang sebenarnya lebih dekat kaitannya dengan gejala tersebut.

Alergi tersebut adalah alergi yang disebabkan oleh kandungan atau substansi di dalam udara. Umumnya alergennya berbentuk debu, tungau debu, serbuk sari, sampai bulu halus. Selain batuk, gejala yang juga sering muncul adalah bersin-bersin. Bila terjadi dalam waktu yang lama, maka akan ada reaksi baru yang muncul, yakni hidung berair atau mampet sehingga berpotensi mengganggu pernapasan. Ada juga reaksi lain seperti hidung gatal, mata merah, berair, bahkan menimbulkan bengkak. Sebelum menjadi lebih parah, sebaiknya dillakukan pencegahan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak dari tempat yang berpotensi memicu alergi jenis ini. Mari beralih ke macam alergi yang selanjutnya yang juga tak kalah merepotkan.

Yakni alergi yang disebabkan oleh makanan. Gejala yang paling ringan yang ditimbulkan dari alergi jenis ini adalah sensasi geli atau gatal pada mulut bagian dalam. Bila gejala paling ringan ini tidak segera teratasi, maka gejala selanjutnya seperti pembengkakan pada bibir, lidah, mata, dan tenggorokan akan terjadi. Bahkan pada beberapa kasus ditemukan pembengkakan pada wajah. Bila makanan sudah tertelan, maka muncullah dampak yang lebih parah. Contohnya adalah muncul ruam dan gatal kulit pada kulit yang memerah. Kemudian akan disusul dengan sakit perut, mual, dan diare. Bila sampai pada titik ini, maka campur tangan dokter dan pengobatan harus segera dilakukan. Kemudian macam alergi yang selanjutnya adalah alergi terhadap obat.

Untuk alergi jenis ini, ada dua proses yang menjadi pemicunya. Proses yang pertama adalah alergi yang disebabkan karena mengkonsumsi obat tertentu yang ternyata tidak cocok dengan sistem kekebalan tubuh. Lalu proses yang ke-2 adalah dengan melakukan kontak secara langsung seperti dalam penggunaan sabun, sampo, body lotion, dan sebagainya. Alergi jenis ini dapat menimbulkan gatal-gatal pada kulit, memerah, dan membengkak. Bahkan bila terjadi dalam waktu yang lama tanpa pengobatan akan membuat kulit menjadi kering dan bersisik sampai berdarah. Untuk itu, pencegahan adalah langkah penting untuk menghindari berbagai macam alergi yang mungkin terjadi. Berkonsultasi dengan dokter juga menjadi langkah pencegahan yang sangat baik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian dan Wawasan Singkat tentang Alergi"

Post a Comment